Mistery Video Penampakan Malaikat di atas ka’bah


Akhir-akhir ini sedang heboh dengan munculnya berita video penampakan malaikat di atas ka’bah. Benarkah berita tersebut merupakan berita yang valid? Atau Cuma sekedar hoaks di internet, atau bahkan hanya video biasa yang di heboh2kan beritanya? berikut  ini sedikit analisa dari saya. Setelah saya menonton videonya.

Video YouTube ini sepertinya diunggah oleh seseorang  bernama akun richilayla satu tahun yang lalu. Video itu kini jadi pembicaraan hangat di Facebook, twiter dan youtube. Bahkan acara2 infotainment di TV swasta di Indonesia.

Pada akun tersebut tertulis bahwa richilayla berusia 27 tahun saat mengupload video itu. dan berdomisili di Australia. Pada video tertulis tanggal pengambilan yaitu pada 10/11/2008 pukul 08.51 waktu setempat.

Sebagai orang yang suka penasaran terhadap berita2 yg simpang siur nggak jelas saya juga mencoba ikut menyaksikan video tersebut di youtube. Setelah melakukan pencarian dgn keyword “angel in mecca” sampailah saya pada video milik richialya tersebut.

Setelah menunggu beberapa menit untuk download, betapa kecewanya saya saat menonton video tadi, terpikir dalam benak saya waktu itu bahwa saya benar2 akan melihat sosok malaikat yg sedang terbang mengelilingi ka’bah. Ternyata dugaan saya salah. Video itu Cuma berisi sebuah foto kabah yang di foto ulang.  setidaknya menurut analisis saya. Efek dari memfoto sebuah gambar /poto tentu saja lampu blitznya akan terlihat memantul di gambar tersebut. Nah, kebetulan efek pantulan dari photonya si richilayla tadi membentuk sebuah bayangan seperti seekor burung yang sedang terbang di atas ka’bah. Yang akhirnya di anggap sebagai sosok malaikat yang sedang terbang mengelilingi ka’bah. Ditambah lagi koment2 yang muncul di bawah video tersebut makin menambah penasaran setiap orang yang mendengar berita tersebut. Jadilah video tadi sebagai berita paling heboh yang sebenarnya baru heboh 1 tahun setelah video itu di upload. Aneh kan?? Kenapa nggak dari dulu hebohnya?. Itu semua hanya analisa dari saya setelah melihat langsung video tersebut, kalau anda penasaran silahkan lihat sendiri videonya di youtube. Dan silahkan menfsirkan sendiri apa sebenarnya isi video tersebut.

BENARKAH MALAIKAT BISA DILIHAT?

Benarkah malaikat bisa dilihat? Dan bisakah semua orang bisa melihatnya? Jawabanya adalah bisa, namun tergantung dari kehendak malaikat tersebut apakah mau menampakan diri pada orang2 yang dipilihnya atau tidak.

Sejatinya setiap manusia sudah memiliki dua malaikat pendamping semenjak dilahirkan di dunia. Bisakah kita merasakan kehadiran mereka di dekat kita? Tidak bisa hanya saja kita bisa melihat dan merasakan sendiri hasil kerja dari malaikat2 pelindung tersebut, sebagai contoh, saat kita tidur. Lazimnya manusia pada saat tidur tentulah dalam keadaan tidak sadarkan diri, padahal tubuh manusia selama masih hidup dan bernafas, tentunya akn mengeluarkan aroma2 tubuh entah itu dari keringat ataupun air liur. Pada saat tidur seharusnya aroma2 tersebut dapat mengundang serangga2 seperti semut yang sangat peka terhadap indera penciuman itu mengerubuti kita. Masuk ke rongga2 mulut telinga maupun hidung. Tapi nyatanya kita tidak seperti itu. Kita tetap merasa nyaman disaat tidur tanpa kemasukan lalat atupun semut apalagi cacing tanah. Siapa lagi kalau bukan malaikat pelindung kita yang bekerja setiap saat melindungi tubuh kita dari serangan binatang2 kecil tadi.

Berbeda halnya jika kita sudah meninggal. Tubuh kita akan dengan mudah di kerumuti semut, serangga bahkan cacing tanah. Hingga habis mereka memakan tubuh kita. Itu karena tugas malaikat pelindung kita telah selesai menjaga tubuh kita seiring dengan lepasnya roh kita dari dalam jasad atau tubuh. Selanjutnya tugas malaikat tersebut adalah menjaga roh kita yang akan di hisab seluruh amal dan dosa2nya selama hidup di dunia.

Misteri ini dijawab di dalam suatu riwayat (au kama qala al-nabi), bahwa salah satu fungsi malaikat pendamping setiap manusia ialah mengusir dan memelihara serangga agar tidak mengerumuni tubuh manusia yang masih hidup. Begitu orang sudah meninggal maka malaikat dan jin yang senantiasa mendampinginya langsung meninggalkannya, maka semut dan serangga, termasuk bakteri jinak di dalam tubuh setiap orang memperebutkan jasad orang itu.

Rombongan Ashhabul Kafi, sebagaimana dikisahkan dalam QS Al-Kafi, yang tidur lebih dari 300 tahun di Gua Kahfi badan mereka tetap utuh dan sehat. Mereka tidak diganggu oleh cacing tanah, semut, dan serangga lainnya. Ini semua membuktikan firman Allah bahwa setiap orang minimal dikawal oleh dua malaikat. Warna yalfidhu qaulan illa ladaihi Raqibun Atidun (belum terucap sebuah perkataan maka sudah dicatat oleh malaikat Raqib dan Atid). Malaikat tercipta dari cahaya sehingga tidak bisa dilihat dengan kornea mata biasa.

Malaikat hanya bisa dilihat selama malaikat itu menghendaki dirinya untuk dilihat oleh manusia. Manusia yang berpotensi melihat malaikat tentulah bukan manusia sembarangan. Namun bukan hanya Nabi yang dapat menyaksikan malaikat, seperti Nabi Muhammad SAW sering menyaksikan langsung Jibril membawakan wahyu Alloh SWT kepadanya, tetapi manusia biasa juga bisa, seperti Sayyidatina Aisyah, satu-satunya istri Nabi yang pernah menyaksikan Jibril secara langsung sebagaimana diriwayatkan dalam hadis riwayat Bukhari.

Sebuah riwayat yang dikutip Imam Al-Gazali dalam l/iya-nya, “seandainya bukan karena dosa yang melumuri batin manusia maka niscaya akan menyaksikan malaikat berkeliaran di angkasa. Dalam beberapa riwayat lain, malaikat juga bisa menjelmakan diri seperti apa yang dikehendakinya, termasuk menyerupakan diri dengan manusia biasa, seperti kisah delapan malaikat yang menyamar sebagai pemuda ganteng dan menjadi tamu Nabi Luth, yang kemudian menjadi penyebab malapetaka umat Luth, karena mereka memperebutkan pemuda-pemuda tampan tersebut.

Nabi Sulaiman bersahabat dengan malaikat, di samping jin binatang, burung, dan ikan. Malaikat bisa memberikan bantuan dan perlindungan kepada manusia, khususnya manusia yang memiliki kualitas spiritual tertentu. Malaikat berbeda fungsinya dengan jin atau setan terhadap manusia. Malaikat selalu bersikap positif terhadap manusia, sedangkan jin pada umumnya mengambil jarak berhadap-hadapan dengan manusia, terutama jin kafir dan iblis. Justru malaikat selalu mendoakan atau ikut mengaminkan doa manusia yang sedang bermunajat dengan Tuhannya.

Persahabatan dengan malaikat, seseorang tidak perlu melakukan berbagai riyadhah atau amalan-amalan tertentu, seperti halnya jika seseorang berusaha untuk melakukan persahabatan dengan jin. Cukup manusia melakukan penghambaan diri sebaik-baiknya dengan ikhlas kepada Allah maka otomatis para malaikat di sekitar manusia dengan sendirinya akan respek terhadapnya. Sebaliknya jika yang bersangkutan menjauhi Tuhan dalam bentuk melakukan maksiat, maka malaikat merasa sangat sedih. (Nasaruddin Umar)

Nah dengan demikian jelaslah bagi kita bahwa sebenarnya malaikat itu tidak bisa sembarangan menampakan diri, apalagi sampai tak sengaja terekam melalui photo ataupun video. Malaikat hanya bisa terlihat oleh orang2 yang memang dikehendaki oleh malaikat tersebut supaya bisa melihatnya. Jadi kesimpulanya video penampakan malaikat di ka’bah itu tidaklah benar menurut saya.

Wallohualam bi sawab…..

Ditulis kembali oleh: Arie.

Sumber referensi:-youtube.com

-nasarudin umar on bataviase.co.id

11 Tanggapan

  1. sungguh manusia yg terpilih sajalah yg tahu akan makna kehidupan….yang lain hanyalah melantungkan lagu nostalgia dan lagu-lagu yg tertelan waktu…sedang lantunan Ayat dari awalul zaman semakin terlupakan di era ini….semoga para pencerah dan para penghusada tahu bahwa saah satu dakwah bisa di lakukan di sini….salam buat para muslim….

  2. Keren juga!

  3. Alasan yang bagus, masuk akal, cukup alasan untuk tidak mempercayai sesuatu yang justru akan menyelewengkan keyakinan yg benar

  4. Terlalu aneh utk disebut sbg “efek pantulan cahaya” yang kebetulan membentuk wujud seperti burung besar. Saya malah lebih cenderung kepada istilah “fenomena supranatural”.

    Dan, satu lagi .. sepertinya artikel ini terlalu berani & vulgar dalam membahas soal malaikat tanpa disertai dasar yg kuat. Penafsirannya terlalu jauh hanya dengan mengambil satu dua potongan ayat atau riwayat.

  5. itu adalah burung dari surga

  6. Saya pun sudah berpikir sama juga,mungkin lantaran efek pembiasan lampu blizt atau pemantulan cahaya dari lampu.

  7. Tidak ada yg kita ketahui dengan pasti rahasia Illahi.. Semuanya serba mungkin sesuai kehendaknya.. Apapun itu..

  8. andaikata itu benar pantulan cahaya,,apakah sudah lupa kl malaikat juga terbuat dari cahaya???
    saya percaya itu malaikat..sangatlah tidak mungkin selain malaikat yg berani duduk di atas kakbah di tengah2 orang yg tawaf..pastilah Alloh SWT mempunyai maksud tersendiri jika memang benar itu malaikat menampakkan diri di tengah khalayak..
    INGAT!!! malaikat tidak akan menampakkan dirinya sendiri pada manusia semaunya/mnrut kehendak malaikat it sendiri…
    PASTILAH malaikat berani menampakkan wujudnya pada manusia HANYA bila di PERINTAH Alloh SWT..

    salam santun…

  9. apapun penyebabnya – percaya atau tidak – kalau hal tersebut bisa menambah keimanan kepada malaikat – apa salahnya – kan tidak membawa mudharat pada diri kita

  10. apakah itu benar atau tidakkkkkkkkkkk :):)

  11. Saya gak percaya 100% bahwa itu malaikat.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: