Sedikit Tentang tanda-tanda akan terjadinya Gempa dasyat…


maaf mungkin judulnya terlalu panjang yah, tapi ya memang sengaja biar jelas maksudnya. jika saya singkat nanti malah jadi misunderstanding…
saya hanya bermaksud menindaklanjuti email dari seorang teman di millis yang saya ikuti, yang mengirimkan foto-foto tentang tanda-tanda akan terjadinya sebuah gempa yang dasyat. kemudian saya berinisiatif untuk mempostingnya di blogg saya agar bisa di ketahui oleh orang banyak. seperti kita ketahui bahwa hingga saat ini belum ada satu alat pun yang berhasil diciptakan khusus untuk memprediksi akan terjadinya gempa. namun jika kita jeli sebenarnya banyak sekali gejala-gejala alami yang menandakan akan terjadinya sebuah gempa besar. lihatlah foto di bawah ini
GejalaGempa
gambar diatas adalah foto yang di ambil oleh seorang kawan di atas langit jakarta
bandingkan dengan gambar dibawah ini yang di ambil di atas kota kobe jepang, sebelum terjadinya gempa dasyat yang menghancurkan kota itu pada tahun 95

TandaGempaKOBE
kedua foto diatas memiliki kemiripan, yaitu tentang munculnya awan lurus aneh yang tidak biasanya di atas langit.
fenomena seperti ini juga pernah terjadi di atas langit pulau jawa pada tahun 2006 fenomena awan itu terlihat oleh satelit BMG jepang, dan 4 hari kemudian terjadilah gempa dsyat yang mengguncang kota yogyakarta.

Gunung mau meletus masih relatif memungkinkan diketahui dari awal Lewat pemantauan aktivitas perut gunung. Angin typhoon mau dateng juga Masih memungkinkan dibaca arahnya dan Diukur kecepatannya. Tapi kalo gempa sama sekali nggak bisa diprediksi kapan akan terjadi… Nggak ada penelitian yang bisa sama sekali tepat memprediksi gempa. Itulah makanya gempa itu sangat berbahaya.

Tapiiiiii…….. biarpun susah diprediksi, ada beberapa fenomena alam yang patut dicermati dan bisa dianggap “alert” sebagai tanda akan adanya gempa.

Niih tanda-tandanya :

1. Mulai sekarang kalo jalan jangan suka nunduk. Liat-liat deh ke langit… Kalau di langit keliatan ada awan yang bentuknya seperti angin tornado atau seperti pohon atau seperti batang.. pokoknya bentuknya berdiri… bisa dibilang itu adalah awan gempa yang biasanya muncul sebelum gempa terjadi. Liat deh gambar yang ada di attachment. Itu foto awan yang muncul di Kobe, Jepang sebelum tragedi gempa besar Kobe 17Januari ’95.

Awan yang bentuknya aneh itu terjadi karena adanya gelombang elektromagnetis berkekuatan hebat dari dasar bumi, jadinya ‘menghisap’ Daya listrik di awan.. makanya bentuk awannya jadi kayak tersedot kebawah.

Gelombang elektromagnetis berkekuatan besar itu sendiri terjadi akibat adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi. Tapi belum tentu juga kalau ada awan seperti itu di langit berarti mau ada gempa. Bisa aja memang bentuknya seperti itu. Naaah untuk tau apakah itu awan gempa atau bukan, coba liat no. 2

2. Coba diuji medan elektromagnetis didalam rumah.
– Cek siaran TV, brebet-brebet apa enggak
– Kalo ada mesin fax, cek apakah lampunya blinking biarpun lagi gak transmit data.
– Coba suruh orang lain kirim fax ke kita, cek apakah teksnya yang Diterima brantakan atau enggak.
– Coba matiin aliran listrik. Cek apakah lampu neon tetap menyala redup/remang-remang biarpun nggak ada arus listrik.

Kalo tiba-tiba TV brebet-brebet, lampu fax blinking padahal lagi gak transmitting, teks yang kita terima berantakan dan neon tetap nyala Biarpun gak ada arus listrik, itu berarti memang sedang ada gelombang elektromagnetis luar biasa yang sedang terjadi tapi kasat mata dan gak Bisa dirasa manusia.

Tapi belum tentu juga kalau ada awan gempa di langit dan ada gelombang elektromagnetis luar biasa menandakan ada gempa. Untuk lebih memastikan lagi, coba liat no. 3

3. Perhatikan hewan-hewan. Cek apakah hewan-hewan seperti “menghilang”, lari, atau bertingkah laku aneh/gelisah.. insting hewan biasanya tajam Dan hewan bisa merasakan gelombang elektromagnetis. Naaaaah kalo tiga tanda-tanda itu ada atau terlihat dalam waktu bersamaan, segeralah bersiap-siap untuk evakuasi. Tiga tanda tersebut kemungkinan besar menunjukkan kalo memang mau ada Gempa berkekuatan besar. Walaupun demikian, adanya awan gempa yang bentuknya aneh itu tetep nggak bisa memastikan kapan gempa terjadi. Awan seperti itu keliatan di Kobe 8 hari sebelum gempa. Tapi di Niigata, awan seperti itu keliatan hanya 4 jam sebelum gempa Niigata Oktober 2004. Oleh karena itu jangan tunggu-tunggu lagi… sebisa mungkin langsung lakukan tindakan penyelamatan diri untuk menghindari hal-hal yang paling buruk.

Kalo skala gempanya besar dan episentrumnya terletak di laut, kita harus selalu aware akan datangnya gelombang tsunami. Tingginya gelombang bisa puluhan meter, bisa juga cuma dua meter. Tapi biarpun cuma 2 meter, gelombangnya nggak main-main. Kekuatannya dahsyat (seperti nggak habis-habis) dan tekanannya bisa mencapai 190 kilogram. Beberapa tanda akan terjadi gelombang tsunami adalah laut tiba-tiba menyurut dan burung-burung laut terbang dengan kecepatan tinggi ke arah daratan.

Kalo liat dua tanda seperti itu, langsung selamatkan diri ke daerah yang lebih tinggi. Tapi kalo nggak sempet lari sementara tsunami udah di di depan mata, Jangan berlindung di balik bangunan yang terbuat dari tembok/beton karena Bisa hancur dan malah membahayakan orang yang berlindung.

Sebisa mungkin berlindung di balik daerah rimbunan (pohon, tanaman, semak-semak, rawa). Karena kekuatan gelombang jadi terpecah dan nggak memusat kalau membentur semak.

Terakhir, jangan lupa berdoa sama pasrah….semoga kita dilindungi Allah.

Ya sudah, gitu aja… semoga informasinya bisa berguna.

9 Tanggapan

  1. Manusia bisa berusaha, tapi Allah yg menetukan

  2. Manusia boleh berusaha, tapi Allah yg menentukan

  3. wallahualam bisawab..

  4. Jadi takut tinggal didaerah yg banyak gedung tinggi,tapi kembali lg pada sang Pencipta, klo sudah kun fayakun mau bisa apa??? Tks infonya ya Mas..

  5. Tengkyu buat info nya

    saya butuh info seperti ini, karena berkaitan dengan ramalan gempa di Sumatera timur oleh Prof. Jucelino

    bisa percaya ati tidak, tpi dengan info terhadap ciri2 akan adanya gempa, kita bsa lebih waspada..

  6. ^_^

    salam …
    hmm … ada dua tanda yang ane rasakan … nomor 2 dan 3 …
    ane dan keluarga hanya mengira akan terjadi banjir besar … tapi ternyata … wallahu’alam …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: